Dokar Nippon

Salah satu Angkot dalam Kota Bengkulu Merk Salah Satu Kendaraan Asal Nippon
Terik matahari awal Juni 2015, siang saat menuju pulang istirahat kantor. Tepat disimpang empat DPRD Provinsi Bengkulu Jalan Padang Harapan, sedikit pemandangan yang mencuri hati dan pikiran dari angkot kuning, “Dokar Nippon” rangkaian kata tertera manis di bagian bumper belakang angkot tersebut. Menggelitik untuk mencoba mengingatkan kembali kata “Dokar” dan “Nippon”.

Penulis tidak akan membahas lebihdetail apa itu dokar dan nippon, sederhana saja mengartikan dua kata tersebut sebagai “Kendaraan Jepang” mengingat angkot tersebut merupaan kendaraan roda empat salah satu merk terkenal negeri sakura. Ada hal yang lebih penting untuk dibahas mungkin menjadi perenungan nasional anak bangsa, apalagi menjelang tahun-tahun politik yang penuh intrik dan pragmatisme politik.

Sedikit mengambil nafas, terlalu menakutkan kalau saya menyampaikan persentase “Dokar Nippon” yang menguasai hajat hidup masyarakat Indonesia, okelah kita persempit kembali masyarakat di kota Bengkulu. Dominasi dokar nippon dari belbagai merk agaknya sangat luar biasa dikota Bengkulu ini, baik itu untuk kendaraan roda dua apalagi roda empat, untuk kendaraan dinas milik pemerintah daerah sampai tukang ojek.

Pertannyaannya memang ada apa dengan “Dokar Nippon” ? bukannya suatu hal yang lumrah, dimana ada demand maka disana ada suply, semakin banyak demand maka semakin banyak pula suply, hukum dagang secara konvensional memahaminya demikian. Jepang memang luar biasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Skywave

Menulis Populer Yuk ?