Menulis Populer Yuk ?


Jalur Karya Tulis Populer

Frenn, kuliah dulu ane banyak ditanya nih sama mahasiswa/i baru yang kuliah ditempat ane, secara nih ane pengurus Hima Jurnalistik, jangan sirik ya fren tuh yang nanya ane cakep-cakep, gokil – gokil lagi frenn hehehe. Nah ane pasang aksi fren sedikit cool dan jual mahal hehe, biar dia makin penasaran githu. Akhirnya anak baru traktir ane ke kantin Fakultas, anekan nggak bisa nolak frenn, hari gini nolak sambar gledek ntar, benar nggak frenn ?.
     Drama berlanjut frenn, ane dengan sedikit berlagak coll dengan rambut gondrong sebahu ala anak band githu frenn menjelaskan dengan seksama, oh ya lupa ane belum sampaikan ya, tuh mahasiswi nanya ane apa, sorry sengaja frenn. Begini frenn ane ditanya ama fans berat ane yang baru nih, bagaimana memulai karya tulis populer dan apa bedanya dengan karya tulis ilmiah, waduh pertanyaannya berat banget freen, jawabannya bisa buat skripsi kali ya hehehe.
Oke freen ane dengan masih berlagak sok coll menjawab, nah untuk urusan gaya nih profesor yang ngajarin ane tentang karya tulis populer ane jadikan referensi, begini ya adik-adik “ya elah ribet freen manggilnya begitu qiqiqi”. Kalimat pembuka ane sampaikan “Banyak hal dalam perjalanan hidup kita yang dapat kita ceritakan maupun kita catat dalam satu laporan perjalanan,” kata ane tuh freen kepada adik-adik tingkat ane yang cakep-cakep neh, dan tentunya ditanggapi dengan serius sambil lupa minum meskipun haus hehehe.
Lanjut ya freen begini sekilas informasi yang ane sampaikan kira-kira satu jam mengenai karya tulis populer, sampai lupa ane sambil minum jelasin, minum lagi sambil makan gorengan, minum lagi, adehh…kantinya tutup freen hehehe.
Begini freen karya tulis populer itu memiliki tempat dan peluang yang sangat luas dibandingkan penulisan karya ilmiah, mengapa begitu kakak ? nyahut tuh yang paling cakep, ane harus sigap menjawab  lanjutannya freen, dari istilah yang digunakan, yakni populer, dapat diketahui bahwa karya tulis jenis ini memiliki syarat yang nggak ribet sehingga mudah dikenal dan dipahami secara luas oleh masyarakat benar nggak freen.
Freen jangan lupa pipis ya biar fokus membaca lanjutannya hehehe, karya tulis populer cenderung merupakan karya tulis yang ditampilkan secara populer dalam sebuah wadah bernama koran atau media cetak maupun elektronik. Dengan demikian, makin marak penerbitan media cetak dan media elektronik, maka makin maraklah karya tulis populer yang terpublish dan menjadi bacaan kita freen.
Sebagian besar harian serius (sebagai lawan kata dari koran metro) menyediakan halaman opini. Tujuannya adalah memuat karya tulis dari pembaca, dan oleh karena terbit di koran yang sifatnya harian, maka ia menjadi sebuah karya yang populer.
Freen ane juga akan sedikit membahas tentang karya tulis ilmiah yang masih dianggap berat banget buat mahasiswa ngerjainnya, yakin ane tuh. Sesuai namanya freen, karya ilmiah adalah karya yang dituliskan dengan standar ilmiah. Baik cara penulisan, metode penulisan, sasaran penulisan, pembaca, dan sarana/wadah penulisan ilmiah.
Berbeda dengan penulisan populer freen, Karya ilmiah biasanya berupa makalah, artikel di jurnal ilmiah, skripsi, tesis, disertasi, dan lainnya. Dan menurut salah seorang dosen ane waktu kuliah freen penulisan ilmiah harus mengacu pada metode ilmiah, ditulis secara bahasa ilmiah, dan dibaca terbatas oleh masyarakat ilmiah, nah loe masuk katagori masyarakat ilmiah nggak freen hehehe.
Dalam konteks ini freen, karya tulis ilmiah adalah tulisan yang khusus dan terbatas. Sedangkan karya populer nyaris tak terbatas freen, siapa aje kayaknya bisa tuh menulis karya populer. Tapi apakah berarti menulis ilmiah lebih sulit daripada menulis populer freen ? Boleh jadi ya begitu freen hehehe, tapi bisa jadi juga tidak.
Bagaimana dengan para akademisi yang tunak melakukan penelitian boleh saja ahli dalam melahirkan karya tulis ilmiah freen, benar nggak sih kayaknya perlu dilakukan penelitian juga hehehe. Tapi yang perlu freen semua ketahui kenyataannya banyak di antara mereka bingung bagaimana menjadikan karya ilmiah itu bisa menjadi karya populer, nah loe kan beda pembaca dan beda masyarakat ya hehehe. Kadang yang lucunya lagi nih freen malah terkadang itu tak bisa diubah oleh orang yang terbiasa berpikir ilmiah. Jadi bagi masyarakat ilmiah bisa jadi menulis karya tulis populer bisa jauh lebih sulit ketimbang harus menulis karya tulis ilmiah. Kalau kata pepatahnya sudah terlanjur “ala bisa karena biasa” sesuai kebiasaannya freen.
Tapi freen sesungguhnya ada jembatan yang menghubungkan karya ilmiah dengan karya populer. Ada yang membuat sebuah kategori, yakni karya ilmiah populer, sebuah frase yang menggabungkan karya ilmiah dengan karya populer. Karya  ilmiah populer merupakan sebuah tulisan yang bersifat ilmiah, tetapi diungkapkan dengan cara penuturan yang mudah dimengerti atau dengan bahasa populer, kayak ane nih freen hehehe, awas yang ngikutin ntar sesat loe. Berarti dua masyarakat bisa hidup berharmoni dengan karya tulis ini freen hehehe.
Freen berdasarkan apa yang ane baca karya ilmiah populer tidak selalu merupakan hasil penelitian ilmiah.
Tulisan itu dapat berupa petunjuk teknis, pengalaman dan pengamatan biasa yang diuraikan dengan metode ilmiah. Persyaratan yang berlaku pada karya lmiah populer sama dengan karya ilmiah. Namun, dalam karya ilmiah populer terdapat persoalan lain, seperti kritik terhadap pemerintah, analisis terhadap suatu peristiwa yang sedang populer di tengah masyarakat, jalan keluar bagi persoalan yang sedang dihadapi masyarakat, atau sekadar informasi baru yang ingin disampaikan.
Beda mencolok antara karya ilmiah dengan karya ilmiah populer terdapat pada struktur penulisan kedua jenis karya ini. Jika karya ilmiah memiliki struktur yang baku, karya ilmiah populer tidaklah baku. Bahasanya bisa lentur. Hal itu karena karya ilmiah populer biasanya disajikan melalui media surat kabar dan majalah sehingga format penyajiannya mengikuti format yang berlaku dalam ragam bahasa jurnalistik.Karakteristik karya ilmiah populer, antara lain. Pertama, opini tentang suatu masalah atau peristiwa disertai fakta empiris dan teori pendukung. Kedua, menjadi sarana komunikasi antara ilmuwan dan masyarakat (orang awam). Ketiga, menggunakan gaya bahasa populer atau bahasa media (bahasa jurnalistik) yaitu sederhana, mudah dipahamii orang awam, singkat, dan efektif. Keempat, menerjemahkan bahasa iptek yang sulit ke dalam bahasa yang mudah dimengerti secara umum.
 Keenam, mudah dicerna karena berkaitan erat dengan kejadian sehari-hari. Ketujuh, memperkenalkan ilmu atau temuan baru serta mengaitkan dengan kebutuhan masyarakat. Biasanya, struktur penulisan karya ilmiah populer, secara berurutan adalah judul tulisan, nama penulis, pendahuluan (lead), penghubung pendahuluan dengan isi tulisan, berupa identifikasi masalah atau pertanyaan, isi tulisan atau uraian yang biasanya terdiri atas sub-subjudul, dan terakhir penutup.
Nah biasanya nih freen penutup berupa kesimpulan, ajakan berbuat sesuatu, atau pertanyaan tanpa jawaban. Penulisan populer dapat membangkitkan daya kreativitas penulisnya untuk lebih bersifat kreatif, penuh inisiatif, dan inovatif. Oleh karena itu, tulisan jenis ini sangat disenangi oleh masyarakat pembaca. Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari, bahwa masyarakat lebih menyukai buku-buku populer, surat kabar, dan majalah daripada buku-buku ilmiah murni berupa buku-buku pelajaran atau pengetahuan dan jurnal-jurnal ilmiah.

Akhirnya nih freen, demikian ane rasa kesimpulan singkat dari ane apa dan bagaimana menulis populer dan perbedaannya dengan karya ilmiah murni, bahannya nih ane comot dari berbagai sumber yang ane baca baik buku maupun hasil bertanya sama mbah www.google.com. Lebih simplenya dalam menulis karya tulis populer, pertama mencari ide, kemudian mengorganisasikan bahan, dan menuangkannya dalam sebuah tulisan populer, dah dulu ya freen pusing ane nambah mulu bahannya banyak banget untuk disampaikan, kira-kira ya begitu adanya freen, menurut ane sih atas dunia tulis menulis yang paling penting pertama temukan ide dan mulailah menulis hehehe. See You Next Time Freen. (Balik laptop, 4/10/2016)

Komentar


  1. It is in point of fact a great and useful piece of information. I'm glad that you shared this useful information with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing. craigslist san francisco

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Skywave